Anak-anak TK dan PAUD ikuti senam Gemar Makan Ikan

Anak-anak TK dan PAUD sedang melakukan Senam

Ulee Kareng, Banda Aceh | Bunda PAUD Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh hari ini (06/04/2019) menggelar Senam Gemar Makan Ikan (GEMARI) Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Senam tersebut digelar di Stadion Mini Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Yang berpartisipasi pada senam tersebut diantaranya anak-anak PAUD dari layanan program TK, KB, TPA dan SPS di Wilayah Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, para guru, orang tua murid, dan diikuti warga gampong setempat.

Menurut Bunda PAUD Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh Suryani, A. Md, tujuan digelarnya Senam GEMARI ini adalah untuk melatih gerak motorik anak, sehingga terjaga keseimbangan tumbuh dan kembang anak usia dini.

Selain itu, kegiatan GEMARI ini juga mendukung program pemerintah yaitu Program Stunting, dimana gerakan stunting ini adalah gerakan pencegahan anak-anak yang kerdil ataupun kecil.

Kekhawatiran Bunda PAUD kedepannya tumbuh kembang anak-anak kedepan akan semakin kecil dibandingkan usianya. Berdasarkan hal tersebut, di dalam senam ini Bunda PAUD mengajak anak-anak TK dan PAUD untuk lebih menyukai dan mengonsumsi ikan, karena di dalam daging ikan itu mengandung banyak protein dan omega3, sehingga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Suryani, A. Md, menambahkan, jenis ikan yang paling baik dikonsumsi untuk tumbuh kembang anak adalah Ikan Tuna dan Ikan Salmon. Hal ini dikarenakan Ikan Tuna dan Ikan Salmon sangat banyak mengandung protein dan omega3. Namun bukan berarti ikan selain Ikan Tuna dan Ikan Salmon tidak baik untuk dikonsumsi, melainkan kadar protein Ikan Tuna dan Ikan Salmon lebih baik dan banyak dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak usia dini.

Terkhusus pada Ikan Tuna, dikutip dari hellosehat.com ikan ini mengandung kandungan protein yang lengkap, diantaranya yaitu semua jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Banyaknya protein yang diberikan pun berjumlah besar yaitu sekitar 24-30 gram protein per 85 gram.

Fungsi protein untuk tubuh anak adalah menjaga jaringan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik, misalnya pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibody, hingga menjaga jaringan otot di dalam tubuh. Kelebihan lain Ikan Tuna adalah rendah lemak, sehingga tidak perlu khawatir dengan kanaikan berat badan.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*