Pelatihan & Simulasi Penanggulangan Kebakaran Kec. Ulee Kareng 2019

Penyerahan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada seluruh keuchik di Wilayah Kecamat Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Banda Aceh | Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menggelar kegiatan Pelatihan & Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Kantor Camat Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Kegiatan tersebut menargetkan peserta dari unsur Pemuda, PKK, dan Balee Inong gampong.

Tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada peserta yang kebetulan didominasi oleh kalangan ibu-ibu, agar dapat memahami bagaimana bertindak dengan baik dan benar cara menanggulangi kebakaran yang sering terjadi di dapur seperti ledakan tabung gas LPG, kayu terbakar, wajan terbakar, dan lain-lain.

Seperti yang telah disampaikan oleh instruktur dari DPKP Kota Banda Aceh, ada tiga unsur pemicu api yakni panas, bahan bakar, dan udara. Jika ketiga unsur tersebut telah bersatu, maka api akan tercipta. Namun jika salah satunya tidak ada, maka api tidak akan tercipta. Beliau melanjutkan, cara terbaik dalam memadamkan kebakaran adalah cukup dengan menggagalkan bersatunya salah satu dari ketiga unsur pemicu api tersebut. Misalnya mengisolasi udara dengan kain/goni basah, menjauhkan bahan bakar dari titik panas, dan jangan menghidupkan lampu saat mencium dan mengetahui tabung gas bocor.

Beliau menambahkan, kebakaran dibagi atas 4 kelas yaitu, Kelas A, B, C, dan D. Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat selain logam seperti, kayu, kertas, kain, platik (atom), dll. Kebakaran kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan bakar cair seperti bensin, solar, kerosene, minyak goreng, dll. Sedangkan kebakaran kelas C adalah kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik, gas, dan kimia. Contohnya benda elektronik, dan benda-benda lain yang menggunakan listrik serta kimia. Dan kebakaran kelas D adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat logam seperti alumunium, natrium, magnesium, kalium, dan lain-lain.

Kegiatan Pelatihan & Simulasi Penanggulangan Kebakaran tersebut dirangkai dengan acara penyerahan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada seluruh keuchik di Wilayah Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. (put)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


8 + 2 =