Peresmian Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh di Gampong Lambhuk Kec. Ulee Kareng Kota Banda Aceh

Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh

Ulee Kareng, Banda Aceh | Camat Ulee Kareng Akbar Mirza, S.STP, M.Si kemarin (Selasa, 26/01/21) menghadiri acara Peresmian Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh merupakan sarana tempat untuk memproduksi kerajinan khas aceh yang berbahan dasar dari benang. Dari bahan dasar benang tersebut kemudian diolah dan dibentuk menjadi sebuah souvenir khas aceh seperti sulam kasab, ija kroeng, songket, tas bordir, payung dan lain-lain.

Peresmian Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh tersebut dilakukan oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman. Dalam sambutannya Aminullah Usman menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri PUPR, yang mana melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh dalam program KOTAKU telah banyak memberikan kontribusi pembangunan di Kota Banda Aceh. Tidak hanya Rumah Produksi Kasab dan Souvenir Aceh, sebelumnya juga telah diresmikan Rumah Produksi Kentang Goreng di Gampong Geuceu Meunara dan kedepan juga akan diresmikan di Gampong Seutui. Selain itu masih banyak Program KOTAKU lainnya termasuk Krueng Daroy, Krueng Aceh yang merupakan bantuan Bapak Menteri PUPR yang tentu bantuan ini sangat bermakna terutama sekali memperindah Kota Banda Aceh dan juga untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat Kota Banda Aceh.

Kemudian Aminullah berharap Rumah Produksi Kasab dan Souvenir Aceh ini dapat memberikan dukungan kebangkitan ekonomi dan UMKM di Kota Banda Aceh. Karena sebagaimana dimaklumi bahwa Kota Banda Aceh ini merupakan kota dagang, kota pariwisata, kota jasa, dan sedikitnya merupakan kota kelautan. Aminullah juga berharap Rumah Produksi Kasab dan Souvenir Aceh ini dapat dikelola dengan baik dan tidak bersifat sementara, demi menunjang ketertarikan para wisatawan untuk mendapatkan souvenir dan pernak pernik khas Aceh dari hasil produksi di Rumah Kasab Gampong Lambhuk ini.

Menyaksikan prosesi peresmian Rumoh Produksi Kasab dan Souvenir Aceh, Camat Ulee Kareng Akbar Mirza, S.STP, M.Si ikut mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Pak Walikota yang telah memfasilitasi pembangunan rumah produksi ini melalui program KOTAKU dari Dinas PUPR Kota Banda Aceh, dan berharap bahwa dengan adanya rumah produksi ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Gampong Lambhuk pada khususnya dan masyarakat Kota Banda Aceh pada umunya, dan juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan UMKM yang ada di Kota Banda Aceh. Selain itu Akbar juga berharap bahwa rumah produksi ini dapat difungsikan dalam jangka waktu yang lama, tidak hanya semangat di awal namun tetap terus berlajut hingga waktu yang lama, karena menurut Akbar rumah produksi ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG) melalui pemasaran produk dan penyewaan barang. (put)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*