Gampong-gampong di Kec. Ulee Kareng Tengah Bersiap Menuju Gampong Cepat Berkembang Tahun 2021

Para Kasi Pemerintahan Gampong sedang mengikuti pelatihan aplikasi EPDESKEL.

Ulee Kareng, Banda Aceh | Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Kelembagaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kota Banda Aceh, Sarwati, S.Sos melatih para Kasi Pemerintahan Gampong di Wilayah Kecamatan Ulee Kareng tentang cara mengoperasikan aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDESKEL) di Aula Kantor Camat Ulee Kareng.

Di akhir sesi Sarwati menyampaikan bahwa, berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 setiap desa harus melaporkan evauasi perkembangan desanya pertahun. 

“Dulu pengisian evaluasi perkembangan desa masih diisi secara manual. Berbeda dengan sekarang pengisiannya sudah semakin mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi berbasis web.”

Pemanfaatan aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk gampong, namun juga ditujukan untuk kecamatan. Melalui aplikasi ini kecamatan bisa memonitor gampong mana yang masuk ke dalam kategori kurang berkembang, berkembang, dan cepat berkembang.

Gampong yang masuk ke kategori kurang berkembang dan berkembang, akan mendapatkan pembinaan dari kecamatan, sedangkan gampong yang masuk ke kategori cepat berkembang dan memiliki nilai tertinggi akan diikut sertakan dalam lomba evaluasi perkembangan gampong baik tingkat kota, provinsi, maupun tingkat nasional. (put)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*